PENGKAJIAN PENENTUAN BESARAN BATASAN (THRESHOLD) TERHADAP PERUNTUKAN KEGIATAN PERUMAHAN WAJIB ANDALALIN

Authors

  • Effendhi Prih Raharjo Sekolah Tinggi Transportasi Darat
  • Azrisal Azrisal Sekolah Tinggi Transportasi Darat
  • Dani Hardiyanto Sekolah Tinggi Transportasi Darat
  • Sahar Andika Sekolah Tinggi Transportasi Darat

Keywords:

Batasan Andalalin, Bangkitan Perjalanan, Luas Lahan dan Jumlah Unit

Abstract

Peraturan pendukung yang kurang dapat menjelaskan secara rinci mengenai batasan-bataasan kewajiban (threshold) terhadap Andalalin. Seharusnya ada pedoman yang pasti untuk menghindari perbedaan pandangan para pengembang mengenai kriteria wajib andalalin di setiap daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kriteria dalam menentukan batasan lokasi wajib andalalin terhadap besaran dan peruntukan pembangunan atau pengembangan guna lahan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap pembangunan/pengembangan guna lahan yang dapat meningkatkan volume lalu lintas sampai dengan 10% dari volume sebelumya memerlukan analisis dampak lalu lintas.

Analisis perbandingan volume lalu lintas dan luasan lahan untuk mengetahui besaran pengaruh  luasan lahan terhadap bangkitan perjalanan atau volume lalu lintas. Bangkitan perjalanan pada luasan lahan lebih dari atau sama dengan 165 m² wajib dilakukan andalalin.

Jumlah unit bangunan akan mempengaruhi besarnya bangkitan perjalanan dan volume lalu lintas, untuk nilai perbandingan volume lalu lintas dan bangkitan perjalanan terhadap jumlah unit bangunan adalah lebih dari atau sama dengan 77 unit wajib untuk dilakukan andalalin.

Downloads

Published

2015-11-08

How to Cite

Raharjo, E. P., Azrisal, A., Hardiyanto, D. ., & Andika, S. (2015). PENGKAJIAN PENENTUAN BESARAN BATASAN (THRESHOLD) TERHADAP PERUNTUKAN KEGIATAN PERUMAHAN WAJIB ANDALALIN . Jurnal Penelitian Sekolah Tinggi Transportasi Darat, 6(1), 1 - 10. Retrieved from https://jurnal.ptdisttd.ac.id/index.php/jpsttd/article/view/1

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)