FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN DAN LOYALITAS PENGGUNA ANGKUTAN UMUM MENGGUNAKAN PEMODELAN PARTIAL LEAST SQUARES (PLS-SEM)

Authors

  • Ade Irfan Efendi Universitas Nusa Mandiri
  • Sam Deli Imanuel Dudung Politeknik Transportasi Darat Indonesia - STTD
  • Eko Sudriyanto Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun

DOI:

https://doi.org/10.55511/jpsttd.v14i2.657

Keywords:

angkutan umum, PLS-SEM, loyalitas, kepuasan

Abstract

Dengan semakin meningkatnya jumlah kendaraan pribadi, popularitas transportasi umum semakin diminati dan juga terlupakan.ini menjadi tantangan bagi pengusaha transportasi publik untuk meningkatkan pelayanan agar semakin sedikit pengguna transportasi publik. Penting untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi seberapa puas dan setia konsumen transportasi umum. Dalam studi ini aksesibilitas, keandalan, nilai yang dirasakan, kenyamanan, dan keselamatan dan keamanan adalah lima kriteria utama lainnya yang terkait dengan hubungan antara tingkat kepuasan dan loyalitas dalam transportasi umum. 198 pengguna transportasi umum di wilayah Jakarta, Bogor, dan Bekasi menyediakan data survei yang digunakan untuk mengembangkan dan mengevaluasi model penelitian. Mengolah data dengan partial least squares structural equations (PLS-SEM). Kesimpulan utama dari penelitian ini adalah bahwa tingkat kepuasan dan loyalitas pengguna transportasi umum secara signifikan dipengaruhi oleh keandalan, kenyamanan, keselamatan, dan keamanan, secara statistik aksebilitas dan nilai yang dirasakan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas dan kepuasan pengguna angkutan umum. Temuan ini mendukung ide-ide penelitian tentang transportasi yang ada sementara juga mungkin membantu praktisi dalam menciptakan taktik baru untuk meningkatkan penggunaan transportasi umum.

Downloads

Published

2024-01-02

How to Cite

Efendi, A. I., Deli Imanuel Dudung, S. ., & Sudriyanto, E. (2024). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN DAN LOYALITAS PENGGUNA ANGKUTAN UMUM MENGGUNAKAN PEMODELAN PARTIAL LEAST SQUARES (PLS-SEM). Jurnal Penelitian Sekolah Tinggi Transportasi Darat, 14(2), 96 - 107. https://doi.org/10.55511/jpsttd.v14i2.657

Most read articles by the same author(s)