Kajian Penerapan Multi Lane Fee Flow (Mlff) Di Jalan Tol Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.55511/jpsttd.v10i2.573Keywords:
Antrian, Tundaan, Transaksi, Multi Lane Free FlowAbstract
Jumlah kendaraan yang terus meningkat tidak sejalan dengan pertumbuhan pembangunan jalan di Indonesia. Mix traffic dan kemacetan sering ditemui terutama di daerah perkotaan. Jalan tol dibuat untuk mengurangi tingkat kemacetan yang terjadi. Saat ini Indonesia menerapkan pembayaran menggunakan kartu elektronik yang pada kenyatannya masih menyebabkan antrian kendaraan untuk bertransaksi di gerbang tol. Diperlukan adanya pembaruan teknologi yaitu menggunakan Multi Lane Free Flow. Yaitu metode pembayaran tanpa berhenti dengan pengguna tidak harus menghentikan kendaraannya untuk bertransaksi. Pada penelitian kali ini akan dibahas mengenai analisis penerapan Multi Lane Free Flow bila diterapkan di Indonesia menggunakan metode analisis PEST dan analisis SWOT. Dari hasil analisis PEST dan analisis SWOT dapat dikatakan bahwa Multi Lane Free Flow layak untuk diterapkan di Indonesia dengan pemilihan teknologi yang tepat dan sesuai dengan culture dari masyarakat Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Sekolah Tinggi Transportasi Darat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.