Koordinasi Empat Simpang Bersinyal Untuk Kelancaran Arus Lalu Lintas Di Kota Banjarmasin

Authors

  • Ocky S Pribadi Politeknik Transportasi Darat Bali
  • Raja Fajri Politeknik Transportasi Darat Bali
  • Robert Simanjuntak Politeknik Transportasi Darat Indonesia - STTD

DOI:

https://doi.org/10.55511/jpsttd.v11i1.547

Keywords:

Tundaan, Koordinasi Sinyal, Peningkatan kinerja.

Abstract

Jarak antar simpang yang pendek menyebabkan kendaraan mengalami tundaan setiap melewati persimpangan. Penelitian bertujuan untuk memberikan kelancaran arus lalu lintas pada ruas jalan yang menghubungkan bagian CBD Kota Banjarmasin. perencanaan koordinasi waktu sinyal diharapkan dapat mengurangi tundaan pada persimpangan dan meningkatkan kecepatan kendaraan. Perhitungan kinerja eksisting persimpangan dilakukan dengan menggunakan PKJI 2014, dan Metode Webster. Koordinasi sinyal membutuhkan waktu siklus yang sama untuk keempat simpang yang didapatkan dari hasil optimasi persimpangan yang paling optimal sehingga didapatkan waktu siklus yaitu 116 detik. Analisis koordinasi sinyal dengan memperhatikan tingkat penyebaran pleton dan jarak antar simpang serta kecepatan kendaraan menggunakan teori offset dan bandwith sehingga pleton semaksimal mungkin mendapatkan sinyal hijau yang berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kinerja persimpangan setelah dikoordinasikan yaitu penurunan nilai derajat kejenuhan rata-rata sebesar 10,81%, penurunan panjang antrian rata-rata sebesar 7,61%, dan penurunan tundaan rata-rata sebesar 2,69%.

Downloads

Published

2024-01-08

How to Cite

Pribadi, O. S. ., Fajri, R. ., & Simanjuntak, R. . (2024). Koordinasi Empat Simpang Bersinyal Untuk Kelancaran Arus Lalu Lintas Di Kota Banjarmasin. Jurnal Penelitian Sekolah Tinggi Transportasi Darat, 11(1), 44-51. https://doi.org/10.55511/jpsttd.v11i1.547

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)