Koordinasi Empat Simpang Bersinyal Untuk Kelancaran Arus Lalu Lintas Di Kota Banjarmasin
DOI:
https://doi.org/10.55511/jpsttd.v11i1.547Keywords:
Tundaan, Koordinasi Sinyal, Peningkatan kinerja.Abstract
Jarak antar simpang yang pendek menyebabkan kendaraan mengalami tundaan setiap melewati persimpangan. Penelitian bertujuan untuk memberikan kelancaran arus lalu lintas pada ruas jalan yang menghubungkan bagian CBD Kota Banjarmasin. perencanaan koordinasi waktu sinyal diharapkan dapat mengurangi tundaan pada persimpangan dan meningkatkan kecepatan kendaraan. Perhitungan kinerja eksisting persimpangan dilakukan dengan menggunakan PKJI 2014, dan Metode Webster. Koordinasi sinyal membutuhkan waktu siklus yang sama untuk keempat simpang yang didapatkan dari hasil optimasi persimpangan yang paling optimal sehingga didapatkan waktu siklus yaitu 116 detik. Analisis koordinasi sinyal dengan memperhatikan tingkat penyebaran pleton dan jarak antar simpang serta kecepatan kendaraan menggunakan teori offset dan bandwith sehingga pleton semaksimal mungkin mendapatkan sinyal hijau yang berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kinerja persimpangan setelah dikoordinasikan yaitu penurunan nilai derajat kejenuhan rata-rata sebesar 10,81%, penurunan panjang antrian rata-rata sebesar 7,61%, dan penurunan tundaan rata-rata sebesar 2,69%.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian Sekolah Tinggi Transportasi Darat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.