Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas pada Jalan Bunga Raya-Raden Patah Kota Batam
DOI:
https://doi.org/10.55511/jpsttd.v11i2.555Keywords:
Jaringan Jalan, Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas, Kinerja lalu lintas, Pembebanan Jaringan.Abstract
Ruas jalan Bunga Raya-Raden Patah merupakan jalan yang menghubungkan antara pusat-pusat kegiatan utama perkantoran dan perdagangan yang berada di Kota Batam. Ruas jalan tersebut juga merupakan jalan satu-satunya yang menghubungkan dua pusat kegiatan utama di Kota Batam sehingga akan berdampak pada kinerja lalu lintas. Dengan adanya masalah ini perlu adanya pengkajian ulang untuk meningkatkan kinerja lalu lintas di ruas Bunga Raya-Raden Patah Kota Batam. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja lalu lintas (ruas, simpang dan jaringan) dan merumuskan konsep Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas di daerah lintas pada Jalan Bunga Raya-Raden Patah Kota Batam. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menganalisa pembebanan jaringan pada sistem jaringan jalan di wilayah studi dengan menggunakan bantuan software Vissim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja lalu lintas pada Jalan Bunga Raya-Raden Patah Kota Batam memiliki nilai tundaan rata-rata 109 detik, dengan kecepatan jaringan 37 km/jam, total jarak perjalanan 12,90 km dan total waktu yang dibutuhkan 1.254 detik. Setelah dilakukan usulan penanganan Manajemen dan Rekayasa Lalu lintas dalam mengatasi permasalahan lalu lintas tersebut terdapat 2 rekomendasi penangananan yang dilakukan yaitu; 1) melakukan peningkatan kapasitas ruas dan memperbaiki waktu apill di simpang indomobil dan simpang baloi; dan 2) melakukan peningkatan ruas, memperbaiki waktu apill di simpang indomobil dan simpang baloi, menutup fasilitas putar balik arah di ruas yos sudarso 1 dan bunga raya 1, melakukan perekayasaan simpang prioritas di simpang polsek lubuk baja dengan membuka median pada ruas bunga raya 1 serta merubah fase apill di simpang baloi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian Sekolah Tinggi Transportasi Darat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.