Efektifitas Penggunaan Rantai Pengaman pada Rangkaian Kereta

Erfianto R Chan, Eky Hezkiel Jeremy, Tertib Sinulingga

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektifitas penggunaan rantai pengaman pada rangkaian kereta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Data yang digunakan berjenis data kualitatif berupa data primer dan data sekunder yang digunakan sebagai petunjuk untuk mengetahui seberapa pentingnya penggunaan rantai pengaman dan kelayakan alat perangkai yang digunakan pada saat ini untuk menarik rangkaian kereta serta sistem pengereman. Berdasarkan hasil analisa dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Putusnya rangkaian kereta dapat terjadi apabila tidak sesuainya prosedur perawatan yang dilakukan dengan semestinya, sehingga membuat menurunnya kualitas atau kemampuan dari sarana dan prasarana yang tersedia; 2) Alat perangkai otomatis tetap kuat untuk menarik rangkaian pada kelandaian 33 % dengan kecepatan maksimal 35 km/jam; 3) Bila terjadi putusnya alat perangkai maka akan terjadi sistem pengereman otomatis fail safe yang menurut perhitungan tidak larat dan tidak tergelincir dan dapat untuk menghentikan kereta pada kelandaian 33 %; dan 4) Gaya tarik maksimal yang bekerja pada rantai pengaman hanya sebesar14.700 kg dimana tidak akan kuat untuk menarik beban kereta pada kelandaian 33% sebesar 16.069 kg sehingga akan  terputus.

Authors

Erfianto R Chan
Erfianto79@gmail.com (Primary Contact)
Eky Hezkiel Jeremy
Tertib Sinulingga
Chan, E. R. ., Jeremy, E. H. ., & Sinulingga, T. . (2024). Efektifitas Penggunaan Rantai Pengaman pada Rangkaian Kereta. Jurnal Penelitian Sekolah Tinggi Transportasi Darat, 11(2), 49–57. https://doi.org/10.55511/jpsttd.v11i2.554

Article Details

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.