INTEGRALITAS, KETIADAAN DAN KETIDAKBERDAYAAN PERPUSTAKAAN (Studi Kasus Koleksi Referensi Perpustakaan STTD)

Authors

  • M. Guntur Sekolah Tinggi Transportasi Darat
  • Widorismono Widorismono Sekolah Tinggi Transportasi Darat
  • Sumantri W Praja Sekolah Tinggi Transportasi Darat
  • Sugita Sugita Sekolah Tinggi Transportasi Darat
  • Rini Puspitasari Sekolah Tinggi Transportasi Darat

Keywords:

Perpustakaan, Optimalisasi

Abstract

Salah satu sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran dalam upaya
meningkatkan prestasi serta kreativitas peserta didik adalah perpustakaan. Perpustakaan STTD saat
ini belum dimanfaatkan secara maksimal baik oleh Struktural, Dosen maupun Taruna/Taruni.
Sesuai fungsinya Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan atau
karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan,
penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi.
Kinerja SDM Perpustakaan STTD yang berjumlah 3 orang (1 orang Ketua Unit, 1 orang
Pustakawan dan 1 orang Staf Tata Usaha), dinilai sangat tidak memadai dlam
mengoptimalisasikan dan memberdayakan koleksi Perpustakaan STTD
Pengelolaan sarana & prasarana tidak optimal dan dampaknya akan sangat sulit memenuhi
kebutuhan pengunjung perpustakaan dalam memperoleh informasi yang diinginkan. Karena masih
diperlukan sebuah sistem informasi yang mampu mengolah data dan keseluruhan koleksi
perpustakaan.
Optimalisasi & pemberdayaan koleksi perpustakaan akan terpenuhi jika integritas struktural,
Staf dan fungsional Dosen terbangun dengan baik. Hal ini tentu mampu menepis ketiadaan dan
ketidak-berdayaan koleksi Perpustakaan dalam melayani pengunjung Perpustakaan.

Downloads

Published

2016-12-09

How to Cite

Guntur, . M. ., Widorismono, W., Praja, S. W. ., Sugita, S., & Puspitasari, R. . (2016). INTEGRALITAS, KETIADAAN DAN KETIDAKBERDAYAAN PERPUSTAKAAN (Studi Kasus Koleksi Referensi Perpustakaan STTD). Jurnal Penelitian Sekolah Tinggi Transportasi Darat, 7(2), 141 - 153. Retrieved from https://jurnal.ptdisttd.ac.id/index.php/jpsttd/article/view/32