Evaluasi Standar Pelayanan Minimum di Terminal Tipe A Pondok Cabe dengan Metode Importance Performance Analysis
DOI:
https://doi.org/10.55511/jpsttd.v15i1.667Keywords:
Terminal Penumpang, Kepuasan Pelanggan, Standar Pelayanan Minimum, Importance Performance AnalysisAbstract
Pelayanan terminal kepada masyarakat telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 40 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penyelenggaraan Terminal Penumpang Angkutan Jalan. Berdasarkan data produksi terminal, masih banyak penumpang bus AKAP yang tidak melakukan keberangkatan di Terminal Tipe A Pondok Cabe sebagai pemberangkatan awal, dan juga tidak melakukan kedatangan di Terminal Tipe A Pondok Cabe sebagai tujuan akhir. Hal tersebut menjadi perhatian khusus bagi pengelola, sehingga perlu dilakukan analisis lebih lanjut terkait tingkat kepuasan pelanggan sebagai bahan evaluasi secara internal dan eksternal di Terminal Tipe A Pondok Cabe. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pelayanan dari evaluasi standar pelayanan minimum berdasarkan acuan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017. Penelitian ini menggunakan metode Importance Performance Analysis untuk mendapatkan hasil tingkat kepuasan pelanggan terhadap kepentingan aspek yang ada. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pelayanan terpenuhi mencapai 85,71% dari keseluruhan aspek pelayanan. Penilaian kinerja unit pelayanan Terminal Tipe A Pondok Cabe menunjukkan aspek kenyamanan memperoleh nilai tertinggi dengan predikat “Sangat Baik”. Sedangkan predikat terakhir “Kurang Baik” diperoleh dari aspek kesetaraan. Pada diagram kartesius, hal yang paling perlu diperhatikan adalah Kuadran I yang terdapat item dengan nilai dibawah 3 (Kurang Baik).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Sekolah Tinggi Transportasi Darat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.