PENGEMBANGAN JARINGAN PRASARANA JALAN KAWASAN JABODETABEK SEBAGAI PENUNJANG KEGIATAN DRY PORT

Authors

  • Sahar Andhika Putra Sekolah Tinggi Transportasi Darat
  • Effendi Prih Raharjo Sekolah Tinggi Transportasi Darat
  • Dessy Angga Sekolah Tinggi Transportasi Darat
  • Novitasari Novitasari Sekolah Tinggi Transportasi Darat
  • Anasta Wirawan Sekolah Tinggi Transportasi Darat

Abstract

Cikarang Dry Port terletak secara strategis di Kawasan Industri Jababeka pada jantung kawasan manufaktur terbesar di Jawa Barat dan di Indonesia, rumah bagi lusinan Kawasan Industri dengan lebih dari 2.500 perusahaan, baik perusahaan multinasional maupun usaha kecil dan menengah (UKM).
Antisipasi dampak perlu dilakukan untuk menjamin keselamatan pada akses keluar-masuk Kawasan Industri Jababeka, kemudahan manuver pada akses keluar-masuk, serta pemisahan sirkulasi pejalan kaki dengan sirkulasi kendaraan.

Potensi tarikan perjalanan yang menuju Kawasan Jababeka pada tahun mendatang perlu dilakukan antara lain, Waktu Operasional Karyawan, Penggunaan Bus Angkutan Jemputan Karyawan, Penyediaan Mess karyawan/Condominium khusus untuk karyawan Kawasan Jababeka, Penyediaan angkutan internal kawasan Jababeka dan fasilitas pejalan kaki,Pengaturan sirkulasi kendaraan internal didalam masing-masing kawasan dan juga antar kawasan Jababeka secara umum, Adanya Manajemen Operasional Pengangkutan Barang.

Usulan dengan perubahan desain dan dilakukannya rekasaya pada skenario 1, 2 dan 3 perlu adanya koordinasi dengan instansi terkait dengan upaya menghindari potensi kemacetan di beberapa ruas jalan dan persimpangan kawasan cikarang dry port.

Downloads

Published

2016-11-09

How to Cite

Putra, S. A. ., Raharjo, E. P. ., Angga , D. ., Novitasari, N., & Wirawan, A. . (2016). PENGEMBANGAN JARINGAN PRASARANA JALAN KAWASAN JABODETABEK SEBAGAI PENUNJANG KEGIATAN DRY PORT . Jurnal Penelitian Sekolah Tinggi Transportasi Darat, 7(1), 114 - 126. Retrieved from https://jurnal.ptdisttd.ac.id/index.php/jpsttd/article/view/30

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)